Rabu, 06 Juli 2011

10 KOTA TERMAHAL DI ASIA


Hasil survei sebuah lembaga konsultan multinasional baru-baru ini menunjukkan banyak dari kota-kota paling mahal di dunia terletak di Asia. 

Tokyo menjadi kota termahal di Asia. Bahkan, tiga kota di Jepang lainnya secara berderet menempati urutan tertinggi di Asia. Hasil survei yang diterbitkan oleh ECA International, sebuah lembaga konsultan penempatan tenaga kerja asing merilis 10 kota dengan biaya hidup termahal di Asia.
 
Survei Biaya Hidup dilakukan oleh ECA dua kali setahun untuk membantu perusahaan-perusahaan multinasional menghitung gaji bagi para eksekutif yang ditempatkan di berbagai kota di negara lain. ECA membandingkan harga barang-barang dan jasa yang dibeli oleh karyawan pada lebih dari 390 lokasi di dunia.

“Perusahaan mengirim karyawan untuk tugas internasional dan harus membayar tunjangan biaya hidup mereka agar bisa mempertahankan daya beli mereka,” kata Quane Lee, Direktur Regional – Asia, ECA International. Menurut dia, biaya hidup sangat dipengaruhi oleh inflasi, ketersediaan barang serta pergerakan nilai tukar. Semuanya memiliki dampak signifikan terhadap paket tunjangan yang diterima para ekspatriat.


1. Tokyo


Tokyo adalah kota paling mahal di Asia dan dunia. Sebagai pusat keuangan global, Tokyo menjadi kantor pusat bagi banyak bank investasi terbesar di dunia dan perusahaan asuransi.

2. Nagoya

Dikenal sebagai daerah yang paling dinamis di Jepang, Nagoya adalah pusat bagi industri manufaktur Jepang. Kota ini menjadi markas bagi sebagian besar produsen mobil Jepang, produsen komponen pesawat, serta sejumlah perusahaan otomotif Jepang lainnya.

3. Yokohama

Sebagai kota terbesar kedua di Jepang, Yokohama merupakan pusat komersial utama. Kota ini memiliki basis ekonomi yang kuat, khususnya di sektor bioteknologi, semikonduktor dan industri pengapalan.


4. Kobe


Kota ini adalah salah satu pelabuhan kontainer tersibuk di Jepang, serta dikenal dengan menu khasnya yang dikenal dunia, yakni Kobe beef.



5. Seoul


Sebagai ibukota Korea Selatan, Seoul adalah rumah bagi beberapa konglomerat terbesar atau Chaebol di dunia, seperti Samsung, LG dan Hyundai. Hampir 25 juta orang tinggal di Seoul, setengah dari total penduduk negara itu.


6. Hong Kong

Kota sibuk ini, juga dikenal sebagai Oriental Pearl, merupakan lokasi paling mahal di kawasan China. Hong Kong dikenal sebagai kota dengan gedung-gedung pencakar langit yang menjulang, pelabuhan indah dan properti sangat mahal.

7. Shanghai

Sebagai pelabuhan terbesar di dunia, Shanghai adalah pusat perdagangan dan keuangan daratan China. Ini adalah kota terkaya China yang menjadi tuan rumah Expo Dunia 2010 yang diikuti oleh 200 negara peserta dan organisasi internasional, serta dihadiri oleh sekitar 70 juta pengunjung.

8. Beijing

Dikenal sebagai kota dengan istana mewah, kuil dan universitas papan atas, Beijing merupakan pusat budaya dan pendidikan dari Republik Rakyat Cina. Ini adalah rumah bagi lebih dari 70 institusi menarik sarjana dari berbagai wilayah.

9. Singapura

Dikenal dengan infrastruktur, fasilitas kesehatan dan sektor jasa berkualitas, negara kota ini disebut sebagai negara berkaliber internasional dengan rakyat yang beragam. Negara pulau ini menempati posisi strategis, sebagai pusat logistik Asia Tenggara.

10. Busan

Selain menjadi kota pelabuhan terbesar di Korea Selatan, Busan juga merupakan pusat konvensi internasional di negara itu. Busan baru-baru ini menjadi tuan rumah bagi pertemuan negara anggota G-20, KTT APEC 2005, serta Asian Games 2002.

0 komentar:

Poskan Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites