Selasa, 27 Desember 2011

10 Berita Terhangat di Tahun 2011 (Bagian II)


6. NORMAN KAMARU
ada sebuah hari yang panas, seorang polisi bernama Norman Kamaru sedang menghibur temannya yang mengalami masalah. Caranya? Dengan mengunggah sebuah video singkat yang menampilkan dia menirukan tarian dan nyanyian bintang film India Shahrukh Khan berjudul “Chaiya chaiya”.
Entah dari mana awalnya, klip video itu beredar luas di internet. Mereka yang menonton video ini rata-rata mengomentari kemampuan Norman dari Gorontalo menghibur dan membuat orang tergelak. Sentimen yang muncul buat Norman (dan institusi kepolisian) justru positif. Institusi kepolisian awalnya cukup aprehensif menangani viral video Norman. Ketika muncul kemungkinan bahwa Norman akan dijatuhi sanksi atas perilakunya itu, masyarakat pun menolak.
Alasannya, hukuman seharusnya diberikan pada polisi dengan pelanggaran hukum jelas, bukan pada seseorang seperti Norman yang sedang iseng menghibur. Video Norman pun mulai dibahas oleh infotainment dan tayangan berita.
Dan muncullah seorang (lagi) bintang baru dari dunia maya. Briptu Norman Kamaru lalu dibawa ke Jakarta. Ia diarak dan dipamerkan ke berbagai kantor kepolisian, stasiun, dan acara televisi. Manggung di berbagai tempat, ia masih terus membawakan tarian “Chaiya Chaiya”.
Kemudian diketahui bahwa Norman ternyata memiliki kemampuan menyanyi. Ia pun didapuk rekaman. Masyarakat sepertinya tak bosan-bosan dengan Norman Kamaru. Ketika kembali ke Gorontalo, Norman dielu-elukan dan diarak dengan panser.
Ketika masyarakat mulai lupa akan Briptu Norman, ia muncul lagi ke permukaan. Kali ini karena Norman memilih mundur dari kesatuannya. Alasannya, ia ingin lebih bebas berkarir di dunia hiburan tanpa harus terikat akan kewajibannya pada institusi kepolisian.

7. STEVE JOBS
Kabar kematian itu dipampang di website resmi Apple pada 5 Oktober.
"Dengan penuh kesedihan, kami mengumumkan bahwa Steve Jobs meninggal hari ini. Apple kehilangan seorang jenius yang visionaris dan kretif, dan dunia kehilangan sosok yang mengagumkan. Kami yang cukup beruntung untuk mengenal dan bekerja dengan Steve sangat kehilangan teman terkasih dan mentor yang penuh inspirasi. Steve meninggalkan satu-satunya perusahaan yang dia bisa bangun dan semangatnya akan selamanya menjadi landasan Apple,"
Steve Jobs adalah pendiri dan sosok di balik keberhasilan Apple. Dia meninggal dalam usia 56 tahun, setelah berjuang melawan kanker pankreas yang menggerogotinya bertahun-tahun. Meski badan semakin ringkih, Steve tetap memimpin Apple dan mengumumkan peluncuran produk terbaru tiap tahun — yang ditunggu-tunggu orang.
Steve baru menyerah dan melepaskan jabatan CEO enam pekan sebelum meninggal.
Kepergian Steve tak ayal mengundang kesedihan banyak orang, yang mengekspresikannya dengan memasang gambar Steve sebagai latarbelakang layar komputer, iPad, atau telepon seluler mereka. Ada pula yang memodifikasi logo Apple dengan memasukkan siluet Steve.
Kini takkan ada lagi produk canggih Apple yang akan diperkenalkan oleh Steve. Seri iPhone terakhir yang dilepas Apple, iPhone 4S, ditafsirkan beberapa orang sebagai singkatan dari “iPhone for Steve”.

8. MUAMMAR KHADAFI
“Jangan tembak, jangan tembak!” kata Khadafi, dengan wajah berdarah, kepada sekumpulan orang bersenjata yang menyeretnya pada hari kematiannya, 20 Oktober itu. “Apa salah saya terhadap kalian?”
Tak pernah terbayangkan sebelumnya bila Muammar Khadafi, pria yang berkuasa di Libya selama empat dasawarsa, ditangkap dari tempat persembunyiannya di selokan. Dia tewas tertembak saat pasukan pemberontak menyerang lokasi perlindungannya di Sirte (ketika tengah menyelamatkan diri dari serangan udara NATO).
Permintaan terakhirnya untuk jangan ditembak tak dihiraukan. Seorang pemuda bernama Sanad mengaku menembak Khadafi dua kali di bagian kepala dan dada. Pemuda itu juga menjarah jaket dan cincin emas milik Khadafi. Rekaman video bersejarah itu disebarluaskan ke dunia lewat YouTube.
Puluhan ribu warga Libya turun ke jalan merayakan kematian Khadafi. Mereka melontarkan tembakan perayaan dan membunyikan klakson. Mereka saling berpelukan.
Jika Khadafi merebut kekuasaan lewat kudeta tak berdarah tahun 1969, dia kehilangan nyawa lewat pertumpahan darah, setelah bersembunyi di selokan.

9. LIGA CHAMPION
Partai ini sebenarnya mengulang final 2009, di mana waktu itu Manchester United alias Setan Merah harus menyerah kepada Barcelona dengan skor pertandingan 2-0 lewat gol Samuel Eto'o dan Lionel Messi.
Dengan mengusung misi balas dendam, United yakin bisa menundukkan Barca karena final digelar di stadion Wembley Inggris. Sayangnya ambisi Manchester United mampu diredam dengan baik oleh Barcelona.
Azulgrana mengalahkan United dengan skor 3-1 lewat gol Pedro, Messi dan Villa. Sedangkan gol satu-satunya United dihasilkan oleh Rooney.
Orang takkan bisa melupakan tayangan gambar yang menampilkan tangan pelatih Manchester United, Sir Alex Ferguson yang gemetaran melihat anak asuhnya ditekuk Barcelona.

10. KEMATIAN OSAMA BIN LADEN
Hampir sepuluh tahun setelah serangan 11 September 2001 yang menewaskan 3 ribu orang, Presiden Amerika Serikat Barack Obama mengumumkan keberhasilan pasukan negara itu membunuh orang yang mereka percayai bertindak sebagai dalang di balik serangan itu: Osama Bin Laden.
Pada 2 Mei 2011 dini hari, sebuah serangan udara berkode “Operation Neptune Spear” diluncurkan dari Afghanistan. Sasarannya adalah sebuah rumah perlindungan di Abbottabad, Pakistan, yang diduga telah ditinggali Osama selama lima tahun. Tembak-menembak pun tak terhindarkan. Osama tewas dalam operasi itu, beserta seorang wanita — diduga kuat istrinya — dan tiga orang lainnya.
Presiden Obama beserta beberapa penasihatnya memantau serangan ini dari Gedung Putih, Washington DC, Amerika Serikat.
Namun ada cerita lain yang mengatakan, tidak ada baku tembak sama sekali. Osama ditangkap hidup-hidup dan ditembak mati di depan keluarganya. Lalu mayatnya diangkut dengan helikopter.
Amerika Serikat memutuskan membenamkan mayat Osama ke laut. Bersama mayatnya, ikut pula tenggelam sebuah rahasia besar: Apa benar Osama Bin Laden orang yang berada di balik serangan 11 September?

Sumber : id.yahoo.com




0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites